Penilaian Observasi Dalam Kurikulum 2013 Lengkap Dengan Contoh Format

Penilaian Observasi Dalam Kurikulum 2013 Lengkap Dengan Contoh Format ini merupakan format yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini. Penilaian Observasi merupakan teknik Penilaian Sikap baik Sosial maupun Spiritual. Untuk Penilaian ini bisa juga anda gunakan dengan teknik Penilaian Diri Sendiri dan Antar Teman yang dapat anda pelajari melalui artikel saya sebelumnya. Observasi bisa dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran dan Wali Kelas atau Guru Kelas serta Guru BK. 

Format Observasi Guru Mapel


Observasi dalam penilaian sikap siswa merupakan teknik yang dilakukan secara berkesinambungan melalui pengamatan perilaku yang sangat baik (positif) atau kurang baik (negatif) yang berkaitan dengan indikator sikap spiritual dan sikap sosial. Instrumen yang digunakan dalam observasi adalah lembar observasi atau jurnal. Hasil observasi dicatat dalam jurnal yang dibuat selama satu semester oleh guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas. Jurnal memuat catatan sikap atau perilaku siswa yang sangat baik atau kurang baik, dilengkapi dengan waktu terjadinya perilaku tersebut, dan butir-butir sikap.

Format Observasi Guru BK dan Wali Kelas


Berikut adalah Indikator yang digunakan dalam Penilaian Observasi dan Jurnal.

SIKAP SOSIAL

Jujur
  1. Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan;
  2. Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber);
  3. Mengungkapkan perasaan apa adanya;
  4. Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan;
  5. Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya;
  6. Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki;
Disiplin
  1. Datang tepat waktu;
  2. Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah;
  3. Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan, mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar;
Tanggungjawab
  1. Melaksanakan tugas individu dengan baik;
  2. Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan;
  3. Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat;
  4. Mengembalikan barang yang dipinjam;
  5. Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan;
  6. Menepati janji;
  7. Tidak menyalahkan orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri;
  8. Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta;
Toleransi
  1. Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat;
  2. Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya;
  3. Dapat menerima kekurangan orang lain;
  4. Dapat mememaafkan kesalahan orang lain;
  5. Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan;
  6. Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain;
  7. Kesediaan untuk belajar dari (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik;
  8. Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru;
Gotong Rotong
  1. Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah;
  2. Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan;
  3. Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan;
  4. Aktif dalam kerja kelompok;
  5. Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok;
  6. Tidak mendahulukan kepentingan pribadi;
  7. Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain;
  8. Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama;
Sopan Santun
  1. Menghormati orang yang lebih tua;
  2. Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur;
  3. Tidak meludah di sembarang tempat;
  4. Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat;
  5. Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain;
  6. Bersikap 3S (salam, senyum, sapa);
  7. Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain;
  8. Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan;
Percaya Diri
  1. Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
  2. Mampu membuat keputusan dengan cepat
  3. Tidak mudah putus asa
  4. Tidak canggung dalam bertindak
  5. Berani presentasi di depan kelas
  6. Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan

Download Format Penilaian Observasi Kurikulum 2013


SIKAP SPIRITUAL

  • Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
  • Menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya
  • Memberi salam pada saat awal dan akhir kegiatan
  • Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa
  • Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan diri
  • Bersyukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
  • Berserah diri (tawakal) kepada Tuhan setelah berikhtiar atau melakukan usaha
  • Menjaga lingkungan hidup di sekitar sekolah
  • Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
  • Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia
  • Menghormati orang lain yang menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya

Download Juga !!!


Diharapkan dengan Penilaian Observasi Dalam Kurikulum 2013 Lengkap Dengan Contoh Format ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Saran dan kritik saya harapkan untuk dijadikan bahan perbaikan pada blog ini. Perangkat mengajar mata pelajaran lainnya tidak perlu khawatir, karena kami juga sediakan berbagai perangkat mengajar lengkap untuk mepel lainnya baik untuk yang menggunakan kurikulum 2013 maupun KTSP. Perangkat Pembelajaran Mapel lainnya silahkan lihat melalui link dibawah.

klik dibawah untuk berbagi dengan teman anda

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Related : Penilaian Observasi Dalam Kurikulum 2013 Lengkap Dengan Contoh Format

0 Komentar untuk "Penilaian Observasi Dalam Kurikulum 2013 Lengkap Dengan Contoh Format"