Silabus Kurikulum 2013 SMA/SMK Revisi 2017 TERBARU

Silabus Kurikulum 2013 SMA/SMK Revisi 2017 TERBARU ini merupakan dokumen terbaru yang akan yang akan anda butuhkan dalam menyusun perangkat pembelajaran anda sebagai guru mata pelajaran jenjang SMA/SMK. Dalam postingan kali ini saya sediakan Silabus K13 SMA lengkap untuk kelas X, XI, XII semua mata pelajaran secara gratis. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Mata Pelajaran yang tersedia dalam Silabus SMA pada postingan kali ini yakni diantaranya Silabus Bahasa Indonesia, Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Matematika Peminatan, Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Bahasa Inggris, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, Bahasa Asing, PKN, PAI dan Budi Pekerti, PJOK, Seni Budaya, dan Prakarya dan Kewirausahaan. Dalam Silabus 2013 SMP/MTS Kurikulum sebelum revisi memuat Kompetensi Inti (diluar kolom), Kompetensi Dasar, Indoikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian, Alokasi Waktu dan Sumber Belajar. 

Silabus SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017,


Dalam silabus hasil revisi hanya memuat 3 Kolom yakni KI, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran. Selain silabus, ada 8 point (9 dengan silabus) yang mengalami perubahan pada revisi 2015, diantaranya :
  1. Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tapi tetap *Kurikulum 2013 Edisi Revisi* yang berlaku secara Nasional.
  2. Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun *KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP*.
  3. Jika ada 2 *nilai praktik* dalam 1 KD , maka yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan *nilai ketrampilan* dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, dan penilaian akhir semester itu sama.
  4. pendekatan scientific 5M bukanlah satu2 nya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan.
  5. *Silabus kurtilas* edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu *KD, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran*.
  6. Perubahan *terminologi* ulangan harian menjadi *penilaian harian*, uas menjadi *penilaian akhir semester* untuk semester 1 dan *penilaian akhir tahun* untuk semester 2. Dan sudah tidak ada lagi uts, langsung ke penilaian akhir semester.
  7. *Dalam RPP*, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan *materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian* (jika ada).
  8. *Skala penilaian* menjadi *1-100*. *Penilaian sikap* diberikan dalam bentuk *predikat dan deskripsi*.
  9. Remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.

Diharapkan dengan Silabus Kurikulum 2013 SMA/SMK Revisi 2017 TERBARU ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Saran dan kritik saya harapkan untuk dijadikan bahan perbaikan pada blog ini. Perangkat mengajar mata pelajaran lainnya tidak perlu khawatir, karena kami juga sediakan berbagai perangkat mengajar lengkap untuk mepel lainnya baik untuk yang menggunakan kurikulum 2013 maupun KTSP. Perangkat Pembelajaran Mapel lainnya silahkan lihat melalui link dibawah.

klik dibawah untuk berbagi dengan teman anda

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Related : Silabus Kurikulum 2013 SMA/SMK Revisi 2017 TERBARU

0 Komentar untuk "Silabus Kurikulum 2013 SMA/SMK Revisi 2017 TERBARU"